#YukNgaji adalah sebuah komunitas yang menghimpun potensi lintas generasi dan profesi untuk berbagi kebaikan, baik itu berupa inspirasi, ilmu, informasi, pengalaman, dan seluruh potensi pendukung lainnya lewat media online dan tatap muka.

Taglinenya, The Power of Ngaji. Kita meyakini bahwa perjalanan hidup manusia perlu bekal yang cukup. Bekal ini tidak sekedar materi yang selama ini menjadi prioritas hidup, tetapi juga bekal ilmu yang mencukupi. Ngaji dari kata Meng-kaji, adalah proses pembekalan diri, membangun visi hidup, membangun kehidupan dengan pemahaman pondasi ke-Islaman dan mengembalikan solusi problematika kehidupan kepada Islam baik level mikro, meso dan makro.

Pesan utama yang sering kami sampaikan adalah, ketaatan berbuah bahagia, kemaksiyatan berujung sengsara. Kehidupan manusia sejatinya adalah ketundukan kepada Allah SWT dalam bentuk ketaatan, namun seringkali kita lalai sehingga kemaksiyatan yang menjadi pilihan. Lewat YukNgaji, kita berharap memberikan wadah berbagi nasihat kebaikan, ada sahabat-sahabat yang mau bergerak bersama untuk lebih baik, bukan karena sudah baik, tetapi bertekad menjadi lebih baik.

Realitas kaum muda Indonesia yang sarat dengan prestasi dan di sisi lain juga rentan dengan pengaruh liberalisasi budaya, Perlu ada upaya bersama untuk memberikan ruang saling berbagi kebaikan sehingga tercipta alternatif wadah yang bermanfaat buat mereka. Dan sosial media menjadi bagian penting untuk menjembatani kebutuhan itu.

YukNgaji event perdana dilaksanakan di Bogor 9 Juli 2016, ada Mas Husain Assadi, Ustadz Felix Siauw, Mas Cahyo, Mas Ihsanul Muttaqin, Mas Abietyasakti sesama sahabat ngobrol menggagas komunitas ini dengan kegelisahan yang sama. Lewat media online mengajak Netizen meet up untuk sharing session, ternyata acara ini sangat diminati dan gedung LIPI (saat itu menjadi tempat pertama acara) penuh dengan peserta, kemudian event sejenis digelar di kota-kota besar lainnya dan Alhamdulillah animo-nya juga luar biasa dan makin besar.

YukNgaji adalah komunitas berbasis online dan offline, tidak sekedar menjadi tempat berkumpul tetapi juga memberikan fasilitas kajian yang sistematis, sehingga memberikan penceradasan kepada anggotanya. Harapannya, dengan bekal yang mencukupi bisa menyelesaikan masalahnya sendiri dan bermanfaat untuk orang lain,

Program online berupa sharing kajian (Teks, Gambar, Video) lewat akun-akun resmi YukNgaji, Group Online, dan Tanya Jawab Online.

Program offline berupa Talkshow Inspiratif YukNgaji sebagai program awal dan berkala di sebuah kota dilanjutkan dengan Kelas Eksekutif YukNgaji dan Kajian Instensif Sistem Islam sebagai acara lanjutan. Selain itu ada juga Kajian Tematik, Kopdar Regional dan acara lainnya.

Komunitas ini kita bangun dengan semangat dan optimisme, banyak respon positif dari peserta acara setalah mengikuti YukNgaji, dan banyak pula yang berharap bisa ikut dan diselenggarakan di kota lainnya. Tetapi memang perlu terus dukungan dari semua pihak untuk ambil bagian dalam proses ini. Ada beberapa cerita perubahan setelah mengkaji Islam, awalnya ga tahu arah langkah hidup kemudian di forum ini menemukan visi hidupnya. Banyak sahabat-sahabat YukNgaji yang ketemu “Dunia Baru” dan terjadi perubahan ke arah yang lebih baik.

…Saat ini sudah 25 Kota Besar (Bogor, Jakarta, Bandung, Semarang, Solo, Jogja, Surabaya, Malang, Palembang, Makassar, Pekanbaru, Medan, Kendari, Palu, Jayapura, Medan, dll) di Indonesia, juga Hongkong dan Istanbul, masing-masing kota ada yang menjadi PJ Regional. Dari Event offline ini sudah dihadiri sekitar 27.000 orang. Kalau perserta kelas online sudah ada 15.800 an orang.

Kami ingin berkontribusi untuk membangun generasi yang lebih baik dan terciptanya Peradaban yang Mulia, lewat komunitas ini kami berharap menjadi salah satu bagian yang memberikan manfaat untuk pencerahan dan pencerdasan dengan mendalami Islam sebagai jalan hidup.

Kami kedepan akan membuka call center dan sedang disiapkan perangkatnya. Sementara untuk update dan komunikasi dengan komunitas ini bisa follow, like akun IG, Fanspage FB, Youtube, Twitter di @yukngajiid sementara yang ingin bergabung dalam channel telegram bisa join di Telegram.me/yukngajiid yang akan memberikan update informasi ke akun telegram. Informasi, pertanyaan bisa dilayangkan ke email : yukngaji.id@gmail.com